17 Jun

Kebahagiaan adalah suatu kata yang sangat subjektif dan relatif. Tolak ukur dan arti kebahagiaan mungkin berlainan di antara satu orang dan orang lain. Tetapi, sebagai manusia yang berkembang dalam dunia yang hiperaktif akan media sosial dan internet, kebiasaan, ambisi, dan kesukaan kita menjadi mirip. Kebanyakan dari kita menghadapi situasi yang mirip, sehingga mengalami hasil dan kondisi yang sama. Pemicu kebahagiaan pun bisa sama di antara beberapa orang. Dengan demikian, kita dapat menyamakan pendapat mengenai bagaimana meraih kebahagiaan.

Seperti yang dituliskan di LifeHack, kita akan lebih mungkin meraih kebahagiaan apabila :

1. Lepaskan pekerjaan kita dan lakukan apa yang sebenarnya sangat ingin kita lakukan

Fokuslah pada hal yang membuat kita bahagia ketimbang bekerja semata-mata hanya untuk menghasilkan uang.

2. Lepaskan pakaian yang tidak lagi sesuai untuk kita

Mungkin kita adalah orang yang sangat beruntung, tidak mengalami kenaikan berat badan sejak beberapa tahun lalu. Jika berat badan kita telah banyak mengalami kenaikan, kita perlu secepatnya mengganti pakaian kita. Atau bisa jadi banyak pakaian yang ukurannya masih pas tetapi warnanya sudah pudar. Sebaiknya kita segera mendonasikan pakaian tersebut walaupun kita masih merasa sayang. Tidak perlu terburu-buru juga membeli yang baru.

3. Lepaskan kartu kredit kita dan bayarlah dengan tunai selalu

Apabila kita ingin bebas dalam hidup, berhentilah berhutang dan belajarlah menabung. Atau jika kita berkeras ingin memiliki kartu kredit untuk kondisi darurat, simpanlah kartu kredit itu di lemari kita dan tidak perlu membawanya dalam dompet.

4. Lepaskan smart phone dan hanya gunakan ponsel sederhana

Smart phone membuat kita terus-menerus terhubung bahkan kadang dengan orang yang tidak kita sukai. Akan sangat baik jika kita menggunakan kembali ponsel sederhana yang hanya kita gunakan untuk menelepon.

5. Lepaskan akun media sosial kita

Jika kita ingin berkomunikasi dengan teman atau keluarga, kita cukup mengirim SMS atau menelepon mereka. Media sosial telah banyak diberitakan menimbulkan resiko ketidakharmonisan rumah tangga, bahkan perpisahan. Gunakanlah akun media sosial dengan sangat hati-hati.

6. Lepaskan hubungan yang tidak mengisi diri kita dengan kebaikan

Menjauhlah atau lepaskanlah diri kita dari hubungan yang tidak memuaskan dan justru memberikan dampak buruk dalam hidup kita.

7. Lepaskan kebiasaan buruk sering mengeluh

Diri kita telah sempurna, jangan pernah membandingkan diri kita dengan orang lain.

8. Lepaskan barang-barang yang berlebihan dalam hidup kita

Kalau bisa, kurangi menyediakan gadget kepada setiap anggota keluarga. Hal ini tidak hanya dilakukan untuk alasan yang ekonomis, tetapi untuk menghindari resiko keluarga menjadi kurang berinteraksi hanya karena memiliki mainan masing-masing.

9. Lepaskan kebiasaan meminum alkohol

Meminum alkohol berlebih telah banyak dilaporkan menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh, salah satunya membuat sistem saraf kita lemah dan membuat kita sulit berpikir jernih.

10. Lepaskan kebiasaan minum obat-obatan

Sebisa mungkin hindari menggunakan obat-obatan hanya karena gejala ringan. Lebih jauh lagi, hindari obat untuk menekan emosi negatif. Belajarlah untuk melepaskannya dengan benar.

11. Lepaskan kebiasaan begadang

Cukup tidur akan membuat tubuh kita lebih terjaga secara fisik dan mental, sehingga membuat kita lebih bahagia.

12. Lepaskan kebiasaan berkendara dan gunakan sepeda untuk perjalanan dekat

Kebiasaan baru ini akan mengolahragakan tubuh kita dan menghemat bahan bakar

13. Lepaskan kebiasaan jajan di luar rumah

Makan di luar sesekali boleh saja asalkan kita sangat yakin bahwa hal ini tidak mengganggu anggaran kita. Belajarlah untuk memasak dan nikmatilah setiap rasa yang kita hasilkan. Hal ini akan membuat kita lebih sehat.

14. Lepaskan sikap introvert

Belajarlah untuk bersosialisasi sedikit demi sedikit. Meski demikian, hindari pula menjadi terlalu “sosial” sehingga mengabaikan hal-hal yang lebih penting.

15. Lepaskan mimpi besar dan fokus meraih prestasi-prestasi kecil di sekitar kita

Kadang kita perlu melakukan hal ini untuk menghargai setiap hal yang kita raih, meski tampaknya sederhana. Hal ini lebih berarti daripada menyesali kenyataan bahwa kita sering tidak mendapatkan apa yang kita inginkan.

16. Lepaskan kebiasaan berharap lebih dari orang lain

Bersandarlah dan berharap lebihlah hanya kepada diri sendiri dan Tuhan.

Daftar di atas sebetulnya hanya sebagian dari hal kecil yang perlu kita lepaskan agar bahagia. Namun jika kita mampu melakukan sebagian atau keseluruhannya, itu adalah awal yang baik. Mungkin kita bisa menambahkan daftar di atas untuk kebahagiaan kita sendiri.

Sumber

Like-Share

Ustadz Herman Syam El-Hafizh

Da'i Hafizh Qur'an dan penulis buku-buku Islam at Majelis Qur'an Indonesia
Ustadz Herman Syam El-Hafizh
Like-Share

Latest posts by Ustadz Herman Syam El-Hafizh (see all)

Leave a Comment