03 Sep

7 Manfaat Menulis Ayat-ayat al-Qur’an

Kini sangat sedikit anak atau orang yang terlihat menulis pelajaran atau menggerakkan tangan menulis kat-kata.Sekarang lebih ngetrend main HP.

Dalam proses pembelajaran membaca al-Qur’an untuk pemula harus selalu ada sesi menulis halaman atau bacaannya.Demikian halnya bagi siapa saja yang menghafal al-Qur’an.Menulis ayat yang dihafalkan sangat berpengaruh bagi kekuatan hafalannya.

Berikut manfaat menuliskan ayat-ayat al-Qur’an :

1.Menguatkan Daya Ingat

Bukan hanya menguatkan daya ingat dari ayat yang dihafal,tapi juga mampu meningkatkan daya ingat untuk pelajaran atau hal-hal lain.

2.Menghubungkan Otak kanan dan Otak Kiri

Menulis ini disinyalir oleh para ilmuwan dapat mengikat antara otak kanan dan otak kiri yang tentu akan memaksimalkan fungsi otak dan kesehatan otak terjaga.

3.Melatih Kreatifitas

Menulis ayat-ayat al-Qur’an dalam bahasa Arab tentu beda dengan tulisan Indonesia.Ini juga akan melatih kita menulis denga gaya sendiri.

4.Menenangkan

Al-Qur’an sebagai nuur tentu akan mendatangkan sakinah (ketenangan) bagi pembacanya apalagi penulisnya.Lebih dahsyat lagi jika kita memahami artinya.

5.Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Ini bukan rahasia lagi.Umumnya para penghafal al-Qur’an apalagi yang rutin menuliskan ayat-ayat al-Qur’an akan terlihat lebih jenius dan berprestasi di sekolah,kampus atau tempat kerjanya.

6.Menghayati Sejarah

Yaitu sejarah penulisan al-Quran pada masa Sahabat Utsman bin ‘Affan.Dengan begitu akan semakin menguatkan cinta pada al-Qur’an,rasa khusyu’ dan ta’jub karena kita serasa terbawa ke masa lalu.

7.Melatih Tulisan Indah

Semoga bermanfaat dan ayo menulis!

Like-Share

Ustadz Herman Syam El-Hafizh

Da'i Hafizh Qur'an dan penulis buku-buku Islam at Majelis Qur'an Indonesia
Ustadz Herman Syam El-Hafizh
Like-Share

Latest posts by Ustadz Herman Syam El-Hafizh (see all)

Leave a Comment