27 Dec

Sudah tidak ragu lagi bahwasanya Alquran adalah kitab suci umat Islam dan sebagai mukjizat. Salah satu mukjizat Alquran adalah terjaga kemurniannya melalui hafalan para penghafal Alquran. Meski tidak semua umat Islam tergerak untuk menghafal Alquran satu juz, dua juz atau bahkan 30 juz, akan selalu ada generasi yang selalu berupaya menjadi golongan yang terbaik.

Mengapa penghafal Alquran adalah golongan yang terbaik?

Alquran adalah kitab suci yang mulia, kalamullah,petunjuk yang  diturunkan kepada Nabi Yang Mulia, mukjizat umat Islam, sehingga tidak ada satupun yang berinteraksi dengan Alquran apalagi ‘menyimpannya’ dalam hati dan pikirannya kecuali ia juga akan menjadi mulia.

Itulah golongan terbaik!

Sesuai sabda Nabi:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ» رواه البخاري

“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” Hadits riwayat Bukhari

Tapi untuk menjadi golongan terbaik itu tentu saja tidak selamanya mudah atau sebaliknya. Selalu saja ada halangan dan rintangan.
Dalam urusan menghafal Alquran pun sama. Banyak yang mengeluhkan kendala dalam menghafal al-Qur’an dan selalu bertanya ,” Bagaimana cara cepat menghafal Alquran?”.
Jika dijelaskan secara detail cara menghafal Alquran maka akan panjang sekali tulisan ini, sehingga cukup intisari berikut:
1.  Renungkan kembali niat awal menghafal Alquran
2. Menemukan lingkungan atau teman yang mendukung
3. Menggunakan metode terbaik dalam menghafal Alquran
4. Berdo’a
Like-Share

Ustadz Herman Syam El-Hafizh

Da'i Hafizh Qur'an dan penulis buku-buku Islam at Majelis Qur'an Indonesia
Ustadz Herman Syam El-Hafizh
Like-Share

Latest posts by Ustadz Herman Syam El-Hafizh (see all)

Leave a Comment