15 Oct

  • By Ustadz Herman Syam El-Hafizh
  • In Islam
  • Comments None

Belakangan ini istilah guru spiritual kembali muncul pasca ditangkapnya seorang aktor yang berkedok guru spiritual karena nyabu.Itulah gatot Brajamusti.

Yang lebih dahsyat lagi.Ternyata Gatot sudah berpraktek sangat lama dan korbannya kebanyakan artis kawakan.Hari berganti,borok Gatot tambah terungkap lantaran di rumahnya ditemukan banyak barang-barang terlarang seperti minuman keras di kulkas,sabu-sabu,alat hisab sabu,senjata api dengan ratusan amunisi dan kondom di brankasnya.Belum lagi aksi seksnya yang gila bahkan dilaporkan oleh salah satu korban pmemerkosannya.

Sebenarnya,kasus oknum yang menyamar dengan kedok dukun dan guru spiritual dengan mendompleng nama Islam sangat banyak namun tidak semuanya muncul ke permukaan.

Selain itu muncul juga Dimas Kanjeng dengan modus penggandaan uang yang sukses meraup untung,dan mengumpulkan ribuan pengikut.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia dijelaskan:

spiritual/spi·ri·tu·al/ a berhubungan dengan atau bersifat kejiwaan (rohani, batin)
Artinya guru spiritual (nyeleneh) bisa dari agama atau mencatut agama mana saja.Tapi faktanya kebanyakan mereka mencatut nama Islam atau bahkan mereka sendiri memang Islam (KTP doank).
Mengapa demikian?.
Karena kedok dengan embel-embel Islam lebih menarik ketimbang menggunakan kedok agama lain,selain memang di Indonesia mayoritas Islam.
Sama seperti Ahmadiyah dan aliran-aliran sesat lain.Mereka mendompleng brand Islam agar mudah mencari pengikut dan lebih mudah bergerilya.Berbeda jika mereka mengemukakan alirannya sebagai agama baru atau mencatut agama selain Islam.Bisa dipastikan pengikutnya sedikit dan aktivitasnya sepi.
Sejatinya guru sipirtual itu ada 2; guru spiritual sesat dan guru spiritual lurus.
Cara Membedakan Guru Spiritual Yang Lurus dan Sesat
Agar tidak mudah tertipu oleh kamuflase guru spiritual palsu kenalilah tanda-tandanya :
  1. Guru spiritual yang benar adalah yang memiliki silsilah keilmuan agama yang lurus.Dia dikenal alim atau benar-benar ahli agama.Sedangkan guru spiritual sesat dia tidak berlatar ulama,tidak pernah belajar agama meski penampilannya agamis tapi juga ada yang penampilan amburadul ala dukun.Dan biasanya aktivitasnya bukan dakwah tapi duniawi.
  2. Guru spiritual yang benar selalu terbuka dan tidak ada rahasia dalam proses pengobatan atau dalam aktivitas bimbingannya.Sedangkan guru spiritual sesat biasanya penuh rahasia dan misteri bahkan meminta agar apa yang dilakukannya tidak dibocorkan ke luar /ke orang lain.
  3. Guru spiritual yang benar akan selalu mengajarkan dengan kebaikan dan menjauhi keburukan serta maksiat yang dilandasi al-Qur’an dan sunnah.Adapun guru spiritual sesat dia akan sebaliknya meski terkadang ada juga hal baik yang diajarkannya.Maka penting agar semua yang berguru itu paham ajaran Islam yang lurus.Agar tak mudah ditipu oleh dukun atau guru sesat berlatar Islam.
  4. Guru spiritual yang benar tahu batas-batas interaksi dengan wanita.Misalnya tidak boleh berduaan dengan wanita non-mahram tapi harus ditemani atau ramai.Sedangkan guru spiritual sesat biasanya meminta agar berdua saja dengan ‘pasiennya’ padahal bukan mahram.
  5. Guru spiritual yang benar selalu terlihat menjaga ibadah dengan baik semisal sholat 5 waktu atau perkataan dan perbuatan.Sedangkan guru spiritual sesat sering mengabaikan atau bahkan tidak menjalankannya seperti dukun.
Mengapa Banyak Orang Tertipu guru spiritual sesat?
Banyaknya orang yang tertipu terutama umat Islam disebabkan beberapa hal umum,diantaranya ;
1.Kurangnya pemahaman agama Islam.Terutama dasar-dasar aqidah (pondasi) Islam
2.Rendahnya pendidikan yang berdampak pada kolotnya pola pikir
3.Tinggi angan-angan tapi tidak mampu
4.Cinta dunia dan takut mati (al-wahn)
5.Himpitan ekonomi dan tingginya pengangguran
Agar tidak tersesat oleh guru spiritual sesat
Tidak ada bekal terbaik menangkal semua itu selain mempelajari Islam dengan baik dan benar sesuai tuntunan salah sholeh.Dengan demikian umat Islam akan terbentengi dari tipu daya syetan melalui guru spiritual sesat,optimis menghadapi hidup,produktif,dan lebih realistis dalam hidup
Untuk siapa saja yang ingin berkonsultasi Islam dengan saya bisa kirim email ke : konsultasi@majelis-quran.com .TIDAK ADA biaya atau mahar apapun dan tanpa ajaran-ajaran yang aneh.Semata karena dakwah.
Like-Share

Ustadz Herman Syam El-Hafizh

Da'i Hafizh Qur'an dan penulis buku-buku Islam at Majelis Qur'an Indonesia
Ustadz Herman Syam El-Hafizh
Like-Share

Latest posts by Ustadz Herman Syam El-Hafizh (see all)

Leave a Comment